Primary tabs

SMAN 1 Puding Besar Juara I Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik 2021 Tingkat Provinsi

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Perpustakaan Pahlawan Empat SMAN 1 Puding, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai Juara I Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik Tingkat Provinsi Babel Tahun 2021.

Hal itu diketahui setelah melalui penilaian Tim Juri Lomba dan hasil rapat antara Tim Juri Lomba bersama Panitia Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Provinsi Tahun 2021 pada Rabu (5/5/2021) di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel.

Juara II disabet Perpustakaan SMA Santo Yosep Pangkalpinang, Juara III Perpustakaan SKASAGA SMKN 1 Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Harapan I Perpustakaan Pelawan Hijau SMAN 1 Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Harapan II Perpustakaan KH. Ahmad Dahlan SMA Muhammadiyah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, dan Harapan III Perpustakaan GARUMEDANG SMAN 1 Manggar, Belitung Timur.

Kepada masing-masing pemenang sesuai SK Kepala DKPUS Babel No: 188.4/14/APBN-DKPUS/2021 tentang Penatapan Pemenang Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik Tingkat Provinsi Tahun 2021, akan diberikan sejumlah uang pembinaan, plakat dan sertifikat.

Khusus Juara I akan mewakili Babel dalam Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik Tingkat Nasional tahun 2021.

“Perpustakaan Pahlawan Empat SMAN 1 Puding Besar sebagai Juara I akan mewakili Babel dalam Lomba Perpustakaan SLTA tingkat nasional tahun 2021. Untuk itu, hari ini kita panggil Kepala Sekolah dan Pengelola Perpustakaannya untuk mempersiapkan perpustakaannya lebih baik lagi,” kata Kepala DKPUS Babel Asyraf Suryadin, Kamis (6/5/2021) siang.

Mengenai kekurangan-kekurangan yang mungkin ada menurut Asyraf, SMAN 1 Puding Besar harus melengkapinya, DKPUS Babel juga akan memberikan pembinaan, sehingga akhir bulan Mei ini berkas itu akan dikirim ke Perpusnas.

“Saya selaku Kepala Dinas yang membidangi perpustakaan mau tidak mau harus memiliki mental juara, agar mereka mau kita bimbing semaksimal mungkin,” ujar Asyraf.

Karena pada tahun lalu sudah pernah mengikuti hal yang sama, mudah-mudahan, Asyraf berharap, lebih baik dari tahun kemarin. Pasalnya, sekolah yang diikutsertaan dalam lomba ini, sudah memiliki akreditasi perpustakaan sekolah.

“Kami juga berharap SMAN 1 Puding Besar dapat meningkatkan kualitas perpustakaannya, mampu melihat kekurangan-kekurangan yang ada untuk segera dilengkapi. Kita kasih waktu kurang lebih dua minggu untuk mereka melengkapi kekurangan-kekurangan berkas yang akan dikirim ke Perpusnas akhir bulan ini,” tegas Asyraf.

Asyraf tak lupa menyampaikan  harapannya semoga SMAN 1 Puding Besar  bisa masuk 10 besar bahkan lima besar dalam Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik tingkat Nasional.

“Karena mereka ini termasuk perpustakaan aktif dan ada keunikan-keunikan yang mereka lakukan. Jadi, keunikan-keunikan itu harus ditonjolkan lebih baik lagi, supaya menjadi ciri khas SMAN 1 Puding Besar,” tutup Asyraf.

 

Akui Ada Sejumlah Inovasi

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Puding Besar Ali Akbar didampingi Kepala Perpustakaan Pahlawan Empat SMAN 1 Puding Besar Erma Suryani mengakui bahwa saat ini Perpustakaan Pahlawan Empat memiliki sejumlah inovasi.

Inovasi tersebut diantaranya seni karya, literasi dambus, podcast, dan go library. Untuk go library adalah pelayanan perpustakaan melalui WA, dimana buku yang dipinjam akan di antar melalui sukarelawan (volunter).

“Kami menyampaikan terima kasih dan bahagia karena kami dipercaya menjadi Juara I dan mewakili Babel untuk ikut Lomba Perpustakaan SLTA Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021,” ungkap  Ali Akbar.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin didampingi Pejabat Administrator, Panitia dan Tim Juri Lomba, menyerahkan berkas penilaian kepada Kepala SMAN 1 Puding Besar untuk dilengkapi sebelum dikirim ke Perpusnas RI.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS