Primary tabs

Sosialisasi Sertifikasi Jabatan Fungsional Pustakawan

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI mengadakan Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi Pustakawan Bangka Belitung yang merupakan kerjasama antara Perpustakaan Nasional RI dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Sebelum mengikuti sertifikasi pustakawan, para pustakawan dibekali persiapan Pra Sertifikasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Dinas Perpustakaan Provinsi, Kabupaten/ Kota, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Instansi/ lembaga baik negeri maupun swasta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 6 November Tahun 2018 bertempat di Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung lantai 3 Ruang Tanjung Pesona.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Dra. Opong Sumiati, M.Si mengungkapkan bahwa sesuai dengan Kemenpan No. 9 Tahun 2014 dan Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional No. 11 Tahun 2015, bahwa setiap pustakawan yang akan mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan maka harus mempunyai SK telah lulus Uji Kompetensi, dan untuk lebih meningkatkan kompetensinya maka harus memiliki Sertifikasi dibidang nya masing-masing. Berdasar peraturan tersebut diatas sertifikasi bagi pustakawan dipandang sangat perlu untuk mengetahui apakah pustakawan tersebut berkompeten di bidang perpustakaan.

Di akhir sambutannya, Ibu opong menyampaikan bahawa sertifikasi bagi pustakawan merupakan dasar pengakuan kompetensi baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Dengan demikian para pustakawan kita dapat bersaing pada era persaingan bebas (AFTA, APEC), terutama bagi pasar tenaga kerja antar negara. Seperti kita ketahui pada era global setiap negara harus membuka kesempatan dan kerjasama seluas-luasnya antar negara. Hal ini membawa konsekuensi bahwa tenaga kerja Indonesia harus mempunya daya saing tinggi dengan menetapkan standar kompetensi yang sejajar dengan negara-negara lain.

Sumber: 
DKPUS Provinsi Kep. Bangka Belitung
Penulis: 
Dian Ekatama
Fotografer: 
Bagus Prambudi
Editor: 
Runi Alcitra Amalia
Bidang Informasi: 
DKPUS