Primary tabs

Support Jaringan Internet Perpus Desa, DKPUS Babel Gandeng Kominfo

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Hingga saat ini, masih didapati desa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki jaringan internet yang kurang baik, terutama di Perpustakaan (Perpus) Desa.

Atas kondisi itu, dan untuk memberikan support terhadap jaringan internet di Perpus Desa tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel menggandeng Dinas Kominfo Babel.

Sebagai langkah awal, DKPUS Babel melalui perwakilan Pustakawan menyambangi Kantor Dinas Kominfo Babel, untuk berdiskusi sehubungan dengan penguatan jaringan internet khususnya terkait Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Kedatangan dua Pustakawan DKPUS Babel pada Senin (20/9/2021) itu, diterima Kabid Bidang E-Government dan Statistik Erisco Nurrahman mewakili Kepala Dinas kominfo Babel Sudarman.

Dalam pertemuan itu, Padli Pustakawan Madya DKPUS mengatakan, DKPUS menemukan fakta bahwa masih banyak desa terutama di desa yang akan dicalonkan menerima bantuan inklusi sosial dari pusat belum mendapat jaringan internet yang baik, apalagi kegiatan lebih banyak dilakukan secara Webinar (online).

“Untuk itu, support dari Diskominfo diperlukan, karena DKPUS merasa wajib memback-up kendala tersebut,” ujar Padli.

Bantuan dari Diskominfo, ditambahkannya, mensupport TIK penguatan jaringan di desa-desa semata-mata untuk kepentingan masyarakat.

“Diskominfo akan menjadi OPD percontohan bagi OPD-OPD lain untuk menjalin kerja sama, dan tidak menutup kemungkinan bagi DKPUS untuk melakukan PKS dengan OPD lain kedepannya,” kata Padli.

Kabid E-Government dan Statistik Erisco Nurrahman mengakui masih banyak desa yang belum terjangkau akses internet, tetapi Diskominfo juga belum bisa mengakomodir penyediaan fasilitas tersebut untuk masa sekarang.

Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun pemerintah Kabupaten/Kota.

Terkait hal tersebut, Erisco mengatakan, dapat dengan memberikan pemahaman kepada tiap desa untuk bekerja sama dengan provider, misalnya provider Icon Plus yang sudah masuk ke desa-desa seperti di Kabupaten Belitung yang sudah terkoneksi.

“Yang akan membiayai hal itu memang dari pemerintah kabupaten masing-masing, seperti Kabupaten Belitung yang sudah tercover,” jelas Erisco.

Kedepannya, Diskominfo akan mengumpulkan informasi desa mana saja yang mendapat bantuan transformasi inklusi sosial dan mendorong pihak provider untuk jaringan internet.

Diskominfo juga bersedia di undang menjadi pemateri jika DKPUS mengadakan kegiatan Webinar untuk memberikan paparan tentang sesuai dengan fungsi dan tugas dinasnya.

Di kesempatan terpisah Rakhmadi Kepala DKPUS menyampaikan terima kasih kepada Diskominfo Babel yang telah meluangkan ruang dan waktu, terutama berkaitan dengan jaringan internet untuk desa.

“Saya berharap keterikatan antara Diskominfo dengan DKPUS sebagai penyelenggara untuk mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat, dan itulah yang kita harapkan,” ungkap Rakhmadi.

Kerja sama akan dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut, menurut Rakhmadi, akan memiliki banyak dampak, manfaat.  Apalagi kalau sudah  bekerja sama dengan lebih dari satu OPD. 

 

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS