Primary tabs

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Tahun ini DKPUS Babel Gelar Empat Lomba

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat pada Perpustakaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan  Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Babel dalam tahun 2021 ini akan menggelar sebanyak empat lomba.  

Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus DKPUS, Deska Fahromy mengatakan, lomba yang anggarannya bersumber dari Dana Dekonsentrasi Tahun 2021 ini, diikuti seluruh Kabupaten/Kota yang ada di wilayah Provinsi Babel.

Lomba tersebut meliputi Lomba Bertutur bagi Siswa SD/MI yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja, Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik, Lomba Perpustakaan Umum Terbaik, dan Lomba Pustakawan Berprestasi.

Tahap awal dari perlombaan, dijelaskan Aswari selaku Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan DKPUS Babel, adalah melakukan survey atau kunjungan ke Kabupaten/Kota. “Kegiatan lomba-lomba ini merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun oleh DKPUS,” ujarnya Rabu (14/4/2021).

Penyampaian pembukaan lomba telah disampaikan ke tiap Kabupaten/Kota, dan penilaian dari beberapa lomba akan dilakukan secara virtual maupun langsung ke lapangan.

Direncanakan pelaksanaan lomba berakhir pada bulan Juli 2021. Seperti final Lomba Pustakawan Beprestasi diharapkan Aswari berakhir pada bulan Juni 2021, karena untuk mengikuti seleksi tingkat nasional di tahun yang sama.

Sementara tahapan pelaksanaan tiap kegiatan seperti Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik dimulai pada bulan April - Mei, Lomba Perpustakaan Umum Terbaik pada bulan Mei - Juli dan Lomba Bertutur dilaksanakan dari April sampai dengan Juli 2021.

“Pemenang Pustakawan terbaik tingkat provinsi akan mengikuti seleksi pada pada tingkat nasional di bulan Agustus, dan sebelumnya tiap pemenang akan mendapatkan pembinaan terlebih dulu dari DKPUS,” ungkap Aswari.

Penjurian dari tiap lomba tersebut, terdiri dari Tim DKPUS dan Profesional dibidangnya masing-masing. Lomba Bertutur dan Lomba Pustakawan misalnya, menunjuk Juri dari luar lingkungan DKPUS yang memang telah ahli dibidangnya.

Pengumuman tiap pemenang lomba akan dipanggil ke DKPUS untuk mendapatkan sejumlah uang tunai apresiasi dari Pemprov Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS