Primary tabs

Serahkan Tropi, Rakhmadi Bangga Perpus SMAN 1 Puding Masuk 13 Besar Nasional

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Rakhmadi menyerahkan tropi kepada Kepala SMAN 1 Puding Besar, Kabupaten Bangka, yang telah berhasil masuk 13 besar Lomba Perpustakaan Sekolah SLTA Tingkat Nasional Tahun 2021.

Penyerahan tropi beserta Piagam dan Suvenir oleh Kepala DKPUS Babel mewakili Kepala Perpusnas RI pada Kamis (14/10/2021) itu, berlangsung di Kantor DKPUS Babel, dan didampingi Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Babel Abu Hapas.

Rakhmadi menyampaikan selamat, sekaligus mengaku bangga atas capaian SMAN 1 Puding Besar ini. “Saya bangga sekali dengan teman-teman di Perpustakaan SMAN 1 Puding dibawah kepemimpinan Pak Ali, yang sudah mampu menunjukkan prestasi,” ungkap Rakhmadi.

Perpustakaan SMAN 1 Puding Besar ini, ditegaskan Rakhmadi, sudah mengikuti pertandingan, dan mereka sudah menunjukkan kemampuan dengan masuk 13 besar dari 34 provinsi di Indonesia. “Ini sudah prestasi membanggakan walaupun belum masuk 5 besar nasional,” tegasnya.

Dalam situasi pandemi covid-19, teman-teman Perspustakaan SMAN 1 Puding mampu tumbuh, melakukan inovasi dan kreativitas. “Dengan situasi seperti saat ini, kalau kita tidak memiliki motivasi serius, tidak akan masuk 13 besar,” ujar Rakhmadi.

Pada tahun mendatang, dengan pengalaman yang ada saat ini, kata Kepala DKPUS Babel Rakhmadi, harus menjadi bahan evaluasi, terutama yang ada di di Bidang DKPUS Babel, supaya ini dikaji ulang, poin yang didapat itu berada di grade mana, tinggal pembenahan-pembenahannya.

“Jadi, sipapun SMA yang bakal muncul, itu sudah bisa kita backup lebih awal, dengan dukungan dari stakeholder yang ada di daerah masing-masing,” tambah Rakhmadi.

Ali Akbar Kepala SMAN 1 Puding Besar mengucap syukur dengan hasil yang didapat Perpustakaan SMAN 1 Puding ini.

“Meski belum berada pada puncak 5 besar, namun di tengah pandemi covid ini, kami bisa berbuat dalam hal cerdas berinovasi. Untuk menyukses raihan itu, ada volunteer yang membantu, sehingga proses kegiatan lomba dapat kami lakukan sesuai rencana, ditambah Kepala Perpustakaan dan kru-kru kami di SMAN 1 Puding ikhlas untuk meraih prestasi,” kata Ali Akbar.

Ditambahkan lagi, ungkap Ali, adanya dukungan kuat dari DKPUS Provinsi. “Terima kasih kepada Kepala DKPUS Babel yang telah dan selalu memberikan support kepada kami, sehingga bisa ikut lomba tingkat nasional dan berhasil masuk 13 besar,” ungkapnya.

Ali Akbar berpesan kepada sekolah lain untuk bisa mengikuti jejak mereka. “Mudah-mudahan dengan keikutsertaan kami ini bisa menjadi dampak bagi sekolah-sekolah lain di Babel untuk termotivasi didalam lomba perpustakaan. Karena melalui lomba perpustakaan inilah akan terlihat sekolah berjalan. Karena perpustakaan itu adalah jantung dari sekolah,” jelas dia.

Kepada sekolah yang ingin ikut lomba, lanjut Ali, agar bisa menyiapkannya diri jauh-jauh hari, tidak dalam dalam sehari dua hari sebelum lomba.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS