Primary tabs

38 Desa Ikuti Sosialisasi Program TPBIS via Virtual, Digelar DKPUS Babel

DKPUSBABEL, PANGKALPINANG – Sebanyak 38 Desa baru yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengikuti Sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Kegiatan yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Babel, Kamis (21/10/2021) tersebut dilaksanakan via virtual.

Rakhmadi Kepala DKPUS Babel diwakili Abu Hapas Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Babel yang membuka sosialisasi online itu menjelaskan, program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial adalah upaya untuk penguatan literasi masyarakat dan pemerataan informasi serta peningkatan kesejahteraan.

Perpustakaan, katanya, menjadi lembaga yang strategis untuk meningkatkan literasi masyarakat guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan akses informasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

“Pemerintah telah menetapkan peningkatan akses dan kualitas layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial sebagai kegiatan dalam program prioritas nasional 4, yaitu meningkatkan budaya literasi, inovasi dan kreativitas,” ujar Abu.

Perpustakaan berbasis inklusi sosial, lanjut dia, adalah perpustakaan yang menfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan, serta menawarkan kesempatan berusaha, melindungi dan memperjuangkan budaya dan hak azasi manusia.

Sosialisasi Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, dikatakan Abu, diadakan sebelum pelaksanaan bimbingan teknis TPBIS yang akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2021 mendatang.

Kegiatan ini, diikuti sebanyak 50 peserta berasal dari 38 desa baru di Babel, dan 12 orang fasilitator daerah dari 6 kabupaten di Babel, serta pemateri dari Pustakawan DKPUS Babel.

“Semoga kegiatan ini memberi manfaat, meski dilaksanakan secara virtual,” harap Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan DKPUS Babel.

Sumber: 
DKPUS Babel
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Runi
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
DKPUS